INFO SMS : 085215160225

Minggu, Agustus 09, 2009

Berhasil Tanpa Resiko

Siapapun anda, apapun pekerjaan anda pasti menghendaki usaha/bisnis nya berhasil, namun dalam realita keberhasilan tidak selalu berpihak kepada kita, oleh karena itu seseorang yang berusaha harus siap terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi yaitu antara rugi dan untung, maju dan bangkrut. Ini adalah resiko bagi orang berusaha. Tapi akan lebih beruntung bagi orang yang mau berusaha daripada menjadi orang yang tidak punya kegiatan sebab paling tidak sudah punya pengalaman, dan dari pengalaman inilah orang akan bisa maju dan berhasil, pengalaman dari kegagalan adalah merupakan ilmu yang baik untuk cerminan dalam usaha selanjutnya agar tidak terulang lagi dan dapat mencari strategi yang lebih baik.
Bila anda ragu adalah normal. Dalam kehidupan ini, kita diajarkan bahwa hanya orang bodoh yang suka menyetujui apa pun, akan tetapi bila orang lain berkeinginan menggunakan kesempatan, dengan informasi yang lebih baik dari informasi yang kita miliki kita cenderung ikut-ikutan.
Menurut saya suatu obyek dianggap berharga apabila permintaan semakin banyak, itulah sebabnya seorang seller akan cenderung menjual lebih tinggi harganya apabila banyak yang berminat. Jadi intinya, bukan harganya yang bernilai tetapi berapa banyak orang yang menilai sesuatu/barang yang berhaga.
Kemudian perlu juga dicermati siapa sesungguhnya pembeli anda, dan apa yang sesungguhnya diinginkan oleh pembeli anda, itulah sebabnya seorang penjual yang berhasil akan menaruh perhatian yang lebih kepada orang yang dianggap punya banyak pengaruhnya, dianggap punya uang, dianggap punya massa.
Mengetahui sesuatu tentang pelanggan anda sangat diperlukan, sebagaimana mengetahui segala sesuatu tentang hal yang anda jual. Anda lebih baik memastikan siapa yang akan berususan dengan anda terlebih dahulu kemudian memilih satu strategi atau lebih. Andapun harus menghargai kegagalan anda artinya anda harus tahu mengapa usaha anda gagal. Seumpama anda gagal dari segi bagaimana mempengaruhi agar orang lain berminat dengan produk anda, anda bisa minta bantuan kepada orang lain atau teman yang anda anggap mampu membantu anda dalam soal melobi dan sudah barang tentu dengan memberikan imbal jasa, misalnya apabila yang ditawarkan itu laku maka akan diberikan bonus. Dan hal ini disampaikan sebelum mengadakan kegiatannya. Dan kalau memang anda sudah yakin bahwa dia mampu maka tidak ada salahnya bila diberikan bonus terlebih dahulu.
Untuk lebih mendetail lagi anda bisa mengetahui profil pelanggan seperti identitas, pendidikan, keluarga, latar belakang bisnis, hoby/kegiatan, gaya hidup dan hal-hal lain yang ada hubungannya dengan pelanggan. Dalam bisnis hendaknya anda menghindari hal-hal negatip yang menjurus ke SARA apalagi kalau anda belum tahu tentang propil pelanggan.
Tadi telah saya sampaikan bahwa dalam berbisnis tidak selalu berhasil, untuk itu perlu saya sampaikan cara mengatasi apabila anda mengalami hal yang demikian. Hal ini bisa saja disebabkan karena anda melakukan kesalahan dan andapun harus tahu cara memperbaiki kesalahan.
Seorang penjual yang baik adalah orang yang dapat memperoleh pesanan dan tetap terus mendapat pesanan dari perusahaan prospek dalam berbisnis. Menurut saya menjual paket dengan untung Rp. 5.000,- perpaket dan laku 10 paket lebih baik dari pada menjual paket dengan untung Rp. 15.000,- perpaket tetapi hanya laku 2 paket dalam waktu yang sama.
Tak kalah pentingnya anda harus mengusahakan agar anda sudah dikenal artinya anda dihadapan pembeli harus menyenangkan baik dari segi lahir maupun batinnya. Salah satu contoh kecil apabila anda mudah cemberut maka calon pembeli akan menghindar dari anda dan akan mencari penjual lainnya. Kecuali dalam keadaan terpaksa baru mau menghampiri anda.
Juga yang perlu juga anda perhatikan bagaimana anda membuat klub bisnis, bagaimana ucapan anda tehadap pembeli, bagaimana mencari bisnis baru, apa yang perlu anda jual, dimana anda menjual, mengapa anda menjual produk itu dan kapan anda harus menjual. Apabila semua pertanyaan itu anda jawab dengan tepat maka usaha akan berhasil dengan tanpa ada resiko.
Demikian tulisan ini saya sampaikan semoga ada manfaatnya, dan saya dengan senang hati menerima komentar berupa kritik, saran, pesan ataupun pendapat. Bagi anda yang ingin berkomentar silahkan isi pada kolom komentar. Terima kasih.-

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan di isi komentar di bawah. Terima kasih atas kunjungannya

  © Blogger template The Business Templates by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP