INFO SMS : 085215160225

Selasa, Agustus 04, 2009

SEBAB GAGAL MENCARI PEKERJAAN

Bila seseorang pernah mencari pekerjaan namun gagal mungkin orang tersebut sama sekali belum pernah mempunyai pengalaman di dalam sebuah bidang pekerjaanpun. Atau mungkin juga pernah mengalami konflik pribadi dengan bossnya yang sekarang, lalu ingin pindah ke kantor lain. Atau juga mungkin ingin mencari perbaikan nasib, mengharapkan gaji yang lebih besar disebuah tempat yang baru. Apapun alasannya yang jelas ingin keluar dari kemelut yang dialami sekarang.

Biasanya hal demikian sudah disadari bahwa menemukan sebuah pekerjaan yang baru, atau ingin pindah dari suatu pekerjaan yang satu ke lainnya bukan hal yang mudah. Tidak ayal lagi dalam menemukan pekerjaan baik yang baru sama sekali atau pun sebagai loncatan, mungkin saja bisa menimbulkan keresahan. Begitu sulitnya menemukan tempat yang sangat diharapkan bisa membuat merasa berputus asa, seolah-olah dirinya tidak berharga lagi sedikitpun. Rasanya seperti sampah yang berserakan, dan orang tak mau memperhatikannya.

Mungkin saja surat-surat yang diperlukan sudah dipersiapkan, misalnya dengan ijazah pendidikan yang diperolehnya bahkan sudah dilengkapi dengan pengalaman kerja selama ini. Dan tidak jemu-jemunya selalu menulis lamaran pada Perusahaan atau departemen yang memasang iklan, yang menjelaskan membutuhkan membutuhkan tenaga. Bahkan juga sudah kasak kusuk kesana dan kemari. Juga sudah minta tolong kepada sahabat-sahabatnya agar bisa mencarikan pekerjaan baru atau pun memungkinkan untuk memperbaiki penghasilan.

Mungkin sudah rajin mendatangi departemen penempatan tenaga kerja, sudah membuang waktu yang terhitung jumlahnya. Semuanya itu sekedar merupakan usaha, agar mendapatkan surat panggilan untuk diajak berbicara dan diwawancarai. Betul surat panggilan diterima dan panggilan dipenuhi. Wawancara berjalan lancar, tak ada sesuatu yang mungkin bisa membuyarkan harapannya. Kemudian berjabatan tangan dan kembali ke rumah.

Lalu hari-hari yang menggelisahkan dijumpai sesudah selesai menjalani wawancara. Dari hari kehari, dari minggu ke minggu dan akhirnya berganti bulan akhirnya datang pemberitahuan : Terima kasih atas perhatian anda dan minat anda. Resume tentang pendidikan, pengalaman kerja berikut hasil wawancara dengan anda akan disimpan sebagai file.

Jadi intinya lamaran pekerjaan yang telah dilakukan ditolak. Bagaimana seharusnya menghadapi hal yang demikian. Tidak perlu terkejut, itu yang lebih baik, sebab dengan demikian akan mengetahui bahwa wawancara itu merupakan bagian yang paling kritis, paling rawan dalam meraih suatu pekerjaan. Seringkali hal ini kurang difahami. Umumnya para pencari pekerjaan kurang memahmi betapa pentingnya peranan dan fungsi wawancara bagi pelamar pekerjaan.
Pelamar pekerjaan biasanya sudah bersiap diri sebaik-baiknya. Berminggu-minggu lamanya membuat riwayat hidup ringkas tapi lengkap, rajin membaca iklan yang membuka lowongan kerja, kemudian sibuk membuat surat lamaran dan sebagainya dan sebagainya, tapi yang jarang dilakukan pelamar pekerjaan adalah bersiap diri menghadapi sebuah wawancara, yang sifatnya tatap muka dengan calon atasannya
Segala sesuatu yang diperlukan selama menjalani sebuah wawancara apabila sudah dipersiapkan maka tidak akan ragu dan bingung lagi. Secara ringkas dapat kami kemukakan disini bahwa cara untuk memenangkan wawancara untuk mendapat pekerjaan antara lain :
  1. Hal-hal tertentu yang tidak terlihat seperti tepat waktu, pakaian yang serasi, menjadi pendengar yang baik, mengetahui apa yang akan dilakukan pawancara.
  2. Menemukan jalan / jalur seorang pelamar menjalani proses sampai diterima sebagai karyawan.
  3. Menghadapi wawancara.
  4. Dan seterusnya sampai dengan 14.
Bagi anda yang merasa tulisan ini ada manfaatnya silahkan memberikan komentar, pesan, kesan ataupun kritik. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan di isi komentar di bawah. Terima kasih atas kunjungannya

  © Blogger template The Business Templates by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP